Langsung ke konten utama

Berakhlak baik kepada sesama manusia

Hal yang paling wajib untuk kita lakukan dalam kita berakhlak baik kepada sesama makhluk adalah yang pertama, kita tidak menyakiti mereka, baik dengan lisan kita atau dengan perbuatan tangan kita.
Berbuat dhalim kepada sesama makhluk berkaitan dengan 3 perkara, :
  1. Berkaitan dengan jiwanya / tubuhnya. Termasuk dosa yang paling besar adalah menghilangkan nyawa orang lain (membunuh). kemudian juga kita tidak boleh dhalim terhadap jiwa orang lain dengan cara memukul, menendang atau melukainya.
  2. Berkaitan dengan hartanya. Kita tidak boleh mengambil harta orang lain dengan cara yang dholim, jangan sampai kita mendholimi orang lain dalam urusan harta mereka, dengan cara mencuri, menipu, berbuat curang dalam jual beli, tidak mengembalikan hutang dll.
  3. Berkaitan dengan kehormatan mereka, dengan cara mencela, menuduh, ghibah dan segala hal yang menjatuhkan kehormatan orang lain.
Yang kedua, memberikan manfaat kepada mereka. Kalau kita punya harta, kita bisa memberikan manfaat dengan harta kita, ilmu, tenaga, nasehat dan seterusnya kita dapat berbuat baik dengan apa yang kita miliki. Bahkan dengan sekedar senyum jika bertemu dengan saudara muslim itu juga merupakan berbuat baik dan merupakan sedekah.
Berbuat baik kepada sesama ini bertingkat-tingkat,
Tingkatan yang pertama : kita berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kita.
Tingkatan yang kedua : Berbuat baik kepada manusia sekalipun tidak didahului oleh kebaikan orang tersebut kepada kita.
Tingkatan yang ketiga : berbuat baik kepada orang yang berbuat buruk kepada kita, dan ini merupakan akhlak yang paling tinggi, yaitu dengan cara memaafkan, kemudian dengan berbuat baik kepada orang tersebut sekalipun dia pernah berbuat buruk kepada diri kita.

( Faidah dari Ustadz Abu Khaleed Resa Gunarsa)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Install AYAT Aplikasi Quran lengkap di Linux Ubuntu

    Berikut tutorial singkat menginstal Aplikasi 'AYAT' pada Linux Ubuntu, aplikasi Al Qur'an bagus yang dibuat dan dikembangkan oleh King Suud University (KSU) Saudi Arabia. Berikut sedikit devinisi aplikasi Ayat ini pada web KSU : Ayat is a cross platform Quranic software with unique features, translated to many languages. currently installed on more 1,000,000 PC world wide.  Bagi yang ingin mencoba secara online, bisa masuk ke http://quran.ksu.edu.sa/index.php?l=en , Untuk instalasi pada Sistem Operasi Windows, tinggal download aplikasinya di http://quran.ksu.edu.sa/ayat/?l=en kemudian install seperti biasa. Untuk instalasi pada Linux Ubuntu, berikut tutorial singkat nya : Cara ini bisa digunakan pada Ubuntu 16.04/15.10/15.04/14.04/12.04/Linux Mint 17.x/17/13 dan sejenisnya. Pertama Install Adobe Air terlebih dahulu . Buka terminal, jalankan command : wget -O adobe-air.sh http://drive.noobslab.com/data/apps/AdobeAir/adobe-air.sh chm