Langsung ke konten utama

Jadilah Sahabat Al Qur`ān

Tingkat keakraban kita dengan al Qurān, akan menentukan derajat kita di dunia dan akhirat. Al Qurān adalah kitab yang mulia, agung dan penuh berkah. Siapa pun yang bersahabat dengannya akan terangkat pula kemuliaannya, dan hidup yang dijalaninya akan dicurahi keberkahan dari Allah jalla wa ‘alā.
Al Qurān adalah petunjuk, ia menunjukkan kepada kita jalan yang lurus, menjelaskan arah menuju kepada kebahagiaan, ketenangan dan kemenangan. Dengannya kita akan sampai pada tujuan akhir kita.
Al Qurān adalah ruh, ia menghidupkan jiwa dan menggerakkan hati menuju kepada keridhaan Allah. Dengannya hati akan mengenal-Nya, cinta, tawakal, takut dan berharap hanya kepada-Nya.
Al Qurān adalah cahaya, ia menerangi jalan kehidupan kita. Dengannya segala bahaya yang akan merugikan kita dapat kita kenali, untuk kita jauhi.
Al Qurān adalah pembeda, ia membedakan antara haq dan batil. Dengannya tidak akan terbolak-balik lagi dalam pandangan kita antara yang benar dan yang salah.
Al Qurān adalah obat, ia mengobati segala penyakit dalam diri. Dengannya kesombongan, keraguan, riya, kedengkian dan segala penyakit hati akan terobati.
Rasulullah shallallāhu alaihi wa sallam bersabda, “Kelak akan dikatakan kepada sabahat al Quran, “Bacalah, naiklah dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau mentartilkanya di dunia. Sungguh kedudukanmu sesuai ayat terakhir yang kamu baca” (HR. Tirmizdi)
Sahabat al Qurān selalu rindu untuk membacanya, betah untuk duduk belama-lama dengannya, takut melanggar nasehat-nasehatnya, senantiasa mentadaburi rahasia-rahasia keagungannya.
Rasulullah shallallāhu alaihi wa sallam bersabda, “Perumpamaan sahabat al Qurān itu seperti pemilik unta. Jika ia terus mengikatnya, ia akan bersamanya. Jika ia melepaskan ikatannya, ia akan lari.” (Muttafaq alaih)
Di akhirat, Al Qurān akan menjadi pemberi syafaat baginya.
“Bacalah al Qurān, sesungguhnya ia akan dapat pada hari kiamat menjadi pembari syafaat bagi para sahabatnya.” (HR Muslim)

Ustadz Abu Khalid Resa Gunarsa


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Install AYAT Aplikasi Quran lengkap di Linux Ubuntu

    Berikut tutorial singkat menginstal Aplikasi 'AYAT' pada Linux Ubuntu, aplikasi Al Qur'an bagus yang dibuat dan dikembangkan oleh King Suud University (KSU) Saudi Arabia. Berikut sedikit devinisi aplikasi Ayat ini pada web KSU : Ayat is a cross platform Quranic software with unique features, translated to many languages. currently installed on more 1,000,000 PC world wide.  Bagi yang ingin mencoba secara online, bisa masuk ke http://quran.ksu.edu.sa/index.php?l=en , Untuk instalasi pada Sistem Operasi Windows, tinggal download aplikasinya di http://quran.ksu.edu.sa/ayat/?l=en kemudian install seperti biasa. Untuk instalasi pada Linux Ubuntu, berikut tutorial singkat nya : Cara ini bisa digunakan pada Ubuntu 16.04/15.10/15.04/14.04/12.04/Linux Mint 17.x/17/13 dan sejenisnya. Pertama Install Adobe Air terlebih dahulu . Buka terminal, jalankan command : wget -O adobe-air.sh http://drive.noobslab.com/data/apps/AdobeAir/adobe-air.sh chm